UTS MANAGEMENT PEMASARAN RICKY HARYANTO

RICKY HARYANTO
8335155450
S1 ALIH PROGRAM 2015

UTS MANAJEMEN PEMASARAN

1. Apakah yang dimaksud pemasaran? Jelaskan beserta perubahan teori dan konsep pemasaran!
2. Jelaskan bagaimana konsep pemasaran di perusahaan tempat Anda bekerja (jika belum bekerja tempatnya adalah di kampus)!
3. Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran! Jelaskan bagaimana strategi pemasaran motor Honda (Vario New) serta Buku Matematika terbitan Erlangga!
4. Jelaskan pengertian lingkungan pemasaran! Coba Anda paparkan strategi yang digunakan pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran dimana mereka menjelaskan produk rokok tidak berbahaya?
5. Jelaskan yang dimaksud Perilaku Konsumen beserta pengaruhnya terhadap pemasaran! Jika Anda sebagai manajer pemasaran lini bawah PT Coca Cola, bagaimana Anda mengambil keputusan dalam hal membaca perilaku konsumen di tahun 2016!
6. Apakah yang dimaksud dengan penjualan produk secara B2B dan B2C, jelaskan dengan contohnya dalam kehidupan atau lingkungan Anda!
7. Bagaimana tahapan pemasaran dan penetapan produk baru yang ideal? Jelaskan dengan contoh ketika Anda ingin memasarkan produk Pizza di economart / econoidol !
8. Jelaskan kasus pemasaran yang pernah anda ketahui di tahun 2016 !

Jawaban:

1. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
Dari penjelasan oleh para ahli, kita mengetahui bahwa pemasaran itu kegiatan manusia untuk mendapatkan atau memperoleh apa yang mereka butuhkan dengan cara melakukan pertukaran produk dengan orang lain.
Didalam pemasaran terdapat enam konsep yaitu: konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.

a. Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan selalau menyenangi produk yang tersedia selama harganya murah. Konsep ini berorientasi pada hal produksi dengan mengerahkan berbagai cara untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Tugas manajemen dalam konsep produksi ialah dengan memproduksi produk sebanyak mungkin, karena manajemen menganggap bahwa konsumen akan menerima produk yang ada sesuai daya beli masing masing konsumen.

b. Konsep produk
Konsep produk ini mengemukakan bahwa konsumen akan menyukai produk hanya dengan melihat kualitas suatu barang. Tugas manajemen dalam konsep produk ialaha dengan membuat produk dengan kualitas terbaik,karena konsumen menyukai atau menyenangi produk dengan kualitas terbaik.

c. Konsep penjualan
Dalam Konsep penjualan ini berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk dengan melakukan upaya penjualan seperti promosi yang gencar atau intens, karena itu akan membuat konsumen membeli produk. Tugas manajemen pada konsep penjualan ialah dengan memastikan promosi yang dilakukan sesuai dengan sasaran yang ingin dituju oleh perusahaan.

d. Konsep pemasaran
Dalam konsep pemasaran ini menjelaskan bahwa untuk mencapai target yang ingin dituju harus mulai dari menentukan kebutuhan yang diinginkan konsumen dan keinginan pasar serta menjaga kepuasan konsumen pada sebuah produk sehingga tidak tersaingi oleh pesaing. Tugas manajemen dalam konsep pemasaran ialah dengan menjaga efisien dan efektif produk.

e. Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa selain kita menentukan kebutuhan,kepentingan, dan keinginan pasar serta tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen atau masyarakat. Tugas manajemen ialah menentukan cara yang terbaik dalam memasarkan produk selain meningkatkan manfaat bagi perusahaan dan juga bagi konsumen.

f. Konsep Pemasaran Global
Konsep pemasaran global ini bertujuan untuk memenuhi keinginan semua pihak yang ikut terlibat dalam perusahaan. Tugas manajemen ialah dengan memahami faktor faktor yang mempengaruhi pemasaran agar produk yang dihasilkan atau diharapkan sesuai dengan apa yang diinginkan.

2. Konsep pemasaran yang dilakukan diperusahaan tempat saya bekerja ialah konsep pemasaran sosial. Karena dalam perusahaan tempat saya bekerja bergerak dibidang event organizer,dimana kegiatan utama memberikan seminar kepada para dokter dan apoteker mengenai penyakit atau cara menangani masalah kesehatan. Kegiatan tersebut sesuai dengan nilai nilai yang terkadung dalam konsep pemasaran sosial ialah selain menentukan kepentingan pasar juga meningkatkan kesejahteraan konsumen dengan menambah pengetahuan bagi konsumennya.

3. Definisi Strategi Pemasaran menurut Philip Kotler ( 2004, 81 ) :“Strategi Pemasaran adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Strategi pemasaran berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran.”
Menurut tjiptono ( 2002, 6 ) :“Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.”
Dari pendapat kedua ahli mengenai strategi pemasaran kita dapat tahu bahwa strategi pemasaran ialah Pola pikir yang direncanakan untuk mencapai tujuan pemasarannya,seperti melakukan pengembangan terhadap produk yang dipasarkan agar selalu berkesinambungan kedepannya.
Dalam pemasaran Honda Vario ini produsen selalu membuat gagasan terbaru agar pencinta motor honda terlebih khusus honda vario lebih banyak dengan cara membuat varian varian yang membuat konsumen tertarik membeli produk.contohnya awalnya vario mengeluarkan series Honda vario (2006-2013), berlanjut ke generasi kedua Honda Vario Techno 110 cc (2009-2013), lanjut ke generasi ketiga Honda Vario 125 FI (2012-2015), generasi keempat Honda Vario 110 eSP, Honda Vario 125 eSP, Honda Vario 150 eSP (2015- Sekarang).
Dalam pemasaran buku matematika terbitan erlangga dengan memasarkannya produknya dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi. Ini membuktikan bahwa buku matematika terbitan erlangga selalu ada dalam setiap jenjang pendidikan. Sehingga membuat buku matematika terbitan erlangga harus selalu berkembang dengan cara melihat kurikulum yang dikeluarkan pemerintah agar eksistensinya didalam pembuatan buku tidak tertinggal atau tergantikan oleh pesaingnya.

4. Lingkungan pemasaran ialah faktor faktor yang dapat mempengaruhi keputusan manajemen pemasaran dalam mempertahankan atau membangun produk agar konsumen loyal terhadap produk yang diproduksi oleh perusahaan. Strategi yang dilakukan pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran mengenai produk rokok tidak berbahaya ialah dengan menjelaskan bahwa ada nilai batasan kandungan yang digunakan dalam pembuatan rokok. Selain mengedukasi tentang batasan kandungan dalam pembuatan rokok, perusahaan juga mengeluarkan produk terbarunya yang menggunakan low tar low nicotine (LTLN) sehingga membuat konsumen beralih ke produk terbaru tersebut.

5. Perilaku konsumen ialah kegiatan yang dilakukan oleh individu,kelompok dalam memenuhi kebutuhannya baik barang atau jasa. Pengaruh terhadap pemasaran sangatlah besar karena untuk dapat bertahan dalam persaingan usaha,perusahaan harus mampu memberikan yang lebih kepada konsumen dibandingkan kompetitornya. Dalam kasus diatas PT Coca cola melakukan sebuah terobosan terbaru dengan dimulainya pertandingan eropa, pt coca cola membuat suatu acara nonton bareng pertandingan tersebut ditambah gratis 1 botol coca cola untuk menemani konsumen dalam menonton pertandingan sepak bola. Secara tidak langsung itu sebagai bentuk strategi pemasaran produk dalam membaca perilaku konsumen.

6. Business to business atau B2B adalah transaksi yang dilakukan secara elektronik maupun fisik dan terjadi antara entitas bisnis satu ke bisnis lainnya. Contohnya, Anda mempunyai perusahaan kuliner yang bergerak di bidang produksi kertas. Lalu karena bisnis yang Anda punyai adalah bisnis produksi kertas yang cukup besar, jadi Anda mempunyai target pasar para perusahaan. Jadi jasa produksi kertas anda diperuntukkan untuk perusahaan yang mempunyai printer dan fotocopy, inilah yang disebut dengan B2B karena bisnis atau jasa Anda diperuntukkan untuk perusahaan lain. Business to customer atau B2C adalah bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung. Dengan kata lain, bisnis yang Anda lakukan berhubungan langsung dengan konsumen bukan perusahaan atau bisnis lainnya. Untuk contohnya, Anda misalkan mempunyai bisnis kelontong atau warung. Ketika Anda menjual barang kepada konsumen perorangan, itu berarti bisnis Anda B2C alias business to customer.

7. Tahapan pemasaran dan penetapan produk baru yang ideal harus mencakup unsur 4P yaitu produk,price,place dan promosi. Dalam kasus diatas mengenai pemasran produk Pizza di economart / econoidol. Dalam hal produk pizza yang dipasarkan di economart/econoidol ini harus membuat suatu hal yang membuat produk pizza ini diminati dan beda dari yang lainnya,seperti berbagai macam isian toping dalam pizzanya,dll Dalam hal harga kita harus lihat konsumen kita siapa,karena ini berada dilingkungan kampus jadi kita harus menyesuaikan dengan budget mahasiswa. Tempat yang digunakan ini harus strategis dan mudah dijangkau sehingga memudahkan konsumen untuk membeli produk kita. Selain itu jangan dilupakan promosi,diera yang modern sekarang ini metode promosi yang pas ialah dengan mempostingnya di media social atau internet untuk meminimalkan budget dan lebih efisien.

8. Kasus pemasaran Gojek.
Baru baru ini bukalapak bekerja sama dengan gojek dalam hal pengiriman barang untuk mempercepat pengiriman di 15 area. pengguna hanya cukup membayar Rp 10.000, sebagai ongkos kirim sepanjang bulan November 2016. Untuk mendapatkan promo ini, pengguna harus memasukkan kode voucher: BUKALAPAKGOSEND.Promo ini berlaku di 15 area di seluruh Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Denpasar, Bandung, Surabaya, Makassar, Palembang, Medan, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang, Manado, Solo, Samarinda, Malang hingga Batam. Dari kasus tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa strategi pemasaran saat ini lebih mudah dan simple.kita bisa menerima pesanan yang kita beli diterima di hari yang sama.

DAFTAR PUSTAKA

https://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
http://www.sarjanaku.com/2013/04/pengertian-strategi-pemasaran-definisi.html
http://www.hondacengkareng.com/sejarah-honda-vario-dari-generasi-ke-generasi/
https://wandykumis.wordpress.com/2010/01/09/perilaku-konsumen-dan-strategi-pemasaran/
https://blog.penulis.id/id/perbedaan-mendasar-marketing-b2b-dengan-b2c/
http://tekno.liputan6.com/read/2640382/bukalapak-gandeng-go-send-untuk-percepat-pengiriman-di-15-area

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s